Kiat Sukses Usaha Perikanan Kelompok Pembudidaya Jaring Apung Mahakam Jaya di Tengah Pandemi

Selama Pandemi Covid-19 banyak aktifitas Usaha terkena dampaknya, namun berbeda dengan usaha budidaya ikan, khusus pembudidaya ikan Keramba Jaring Apung dan Keramba tetap bergeliat ditengah usaha lainya tiarap. Walaupun aktifitas pemasaran hasil mengalami kendala, karena akses kebeberapa tempat dibatasi. Hal senada disampaikan oleh Hajrun, anggota Kelompok pembudidaya Keramba Jaring  Apung  Mahakam Jaya yang beranggotakan 14 anggota di KampungTering, KecamatanTering.  “Setiap hari produksi kami mencapai 800 sampai 1500 kg untuk ikan Mas dan nila. Yang dijual di pasar  Barong Tongkok, Tering dan Melak bahkan sampai ke Samarinda, tetapi setelah Covid -19 pemasaran ke Samarinda mengalami penurunan dan sekarang sudah tidak mengirim ke Samarinda lagi “ ujarnya.

Deretan Keramba Jaring Apung Milik Kelompok Mahakam Jaya Kampung Tering Kecamatan Tering

Dengan kondisi sekarang ini kelompok pembudidaya mencari strategi pemasaran lainnya, mengginggat produksi anggota kelompok secara kontinu setiap hari, dan akhirnya mendapat kerjasama dengan pelaku usaha perikanan dari Kabupaten Mahakam Hulu, sehingga kelompok pembudidaya Mahakam Jaya masih tetap eksis melaksanakan kegiatan pembudidaya Perikanan.  Selain secara ofline kelompok pembudidaya Mahakam Jaya juga memanfaatkan media sosial,dan blog untuk memasarkan bisnis. Dengan cukup mengupload gambar usaha produksi kelompok yang akan dijual sebaik mungkin untuk diupload keberbagai akun media sosial. Dengan mencatumkan alamat selengkap mungkin, biar calon pembeli bisa dengan mudah menemukan usaha kelompok. Cara ini di anggap cukup jitu.

Ikan Mas Produksi Kelompok Pembudidaya Ikan Jaring Apung Mahakam Jaya, Kampung Tering Kecamatan Tering

Agar target konsumen lebih tepat sasaran, pilihan  yang layak untuk dicoba yaitu menjajakan bisnis yang ada dikomunitas komunitas tertentu yang bisa kita temukan di facebook atau forum online. Di luar strategi yang sudah disebut di atas, Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidaya Perikanan  melalui Kepala Seksi Kemitraan Usaha dan Informasi Perikanan Mastuyah, SP juga menyebutkan bahwa konsumsi ikan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) berdampak sangat bagus untuk pelaku usaha pembudidaya dan nelayan. Juga, akan berdampak bagus pada masyarakat karena konsumsi ikan juga bisa meningkatkan ketahanan tubuh.  “Ikan dengan kandungan gizinya yang tinggi merupakan asupan yang pas untuk membantu tubuh agar tetap sehat guna menangkal serangan virus corona. Dengan mengonsumsi ikan, kita juga telah membantu nelayan, pembudi daya, pengolah dan pemasar ikan untuk tetap memperoleh penghasilan ditengah situasi yang sulit ini,” pungkasnya.  Untuk membeli hasil produksi perikanan para pembudidaya bisa menghubungi : Mastuyah, SP HP. 0813 4719 5046, NurmaYunita, S.Pi HP. 08121837 1158,  Hajrun HP. 0852 5051 6676. (Penulis Mastuyah, S.P/Editor Jakaria, S.Pi/10/10/2020).

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *