Perkuat SDM Pelaku Usaha Perikanan, Dinas Perikanan lakukan pelatihan Kelompok Pembudidaya di BPTPB Cangkringan

Sendawar, diskan.kutaibaratkab.go.id.- Peningkatan Sumber Daya Manusia kelembagaan pelaku usaha perikanan terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Dinas Perikanan. Hal ini terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, seiring dengan pertumbuhan penduduk dan pola makan makan yang mulai menjadikan ikan sebagai lauk utama, sehingga upaya peningkatan produksi perikanan melalui perikanan budidaya terus dilakukan. Seiring dengan kebutuhan pasar akan produk perikanan yang aman konsumsi, maka dipandang perlu mempersiapkan Sumnber Daya Manusia pelaku usaha perikanan yang handal terutama menghadapi persaingan secara global. Upaya meningkatkan pengetahuan serta keterampilan para pembudidaya ini dilakukan dengan memberikan pelatihan-pelatihan khusus yang terkait dengan budidaya dan pembenihan ikan.  Sehubungan dengan hal tersebut, sebanyak 10 (sepuluh) orang pembudidaya ikan mengikuti kegiatan pelatihan Tata Cara Pembenihan Ikan Nila “Nilasa” Bagi Kelompok Tani Ikan di Balai Pengembangan Teknologi Perikanan Budidaya (BPTP) Cangkringan Kabuptaen Sleman Yogyakarta yang berlangsung dari tanggal 22 – 26 April 2019.

Adapun materi yang  diikuti adalah ceramah Kebijakan pembangunan Perikanan Kabupaten Kutai Barat, Ceramah Peran UPTD BPTPB dalam penyediaan Induk Ikan Nila dan Ikan Mas, Teknis Pembenihan Ikan Nila dan Ikan Mas, Seleksi Induk Ikan, Praktek seleksi induk ikan nila dan ikan mas, Praktek pemasangan kakaban dan penebaran induk ikan, persiapan bak penetasan, praktek pemijahan ikan mas, praktek penetasan ikan mas dan ikan nila, praktek panen larva, praktek persiapan kolam pendederan, praktek pendederan, pemeliharaan benih dan induk ikan, kultur pakan alami, manajemen kualitas air dan penanggulangan hama dan penyakit ikan, kunjungan lapangan serta diskusi kelompok.  Syahrani dari kelompok Tani Kampung Tanjung Haur Kecamatan Penyinggahan selaku peserta kegiatan pelatihan ini memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Barat yang telah mengakomodir kebutuhan kelompok pelakuk usaha perikanan serta berharap agar kegiatan semacam ini terus dilakukan, sehingga pembudidaya ikan dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan memadai dalam membudidayakan ikan.

 

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Barat yang telah memberikan kesempatan bagi kami untuk dilatih, sehingga kami bisa melihat secara langsung usaha perikanan di daerah lain yang nantinya bias memotivasi kami untuk lebih giat meningkatkan usaha kami” ujar Syahrani.  Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat Dr. Ir. Stefanus Aleksander Samson, M.Si., M.Sc. melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidaya Perikanan, Jakaria, S.Pi. mengatakan bahwa manfaat dari kegiatan ini adalah bahwa para pelaku usaha budidaya dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta pengalaman dalam membudidayakan ikan, serta dapat melihat secara langsung aktifitas budidaya ditempat yang lebih maju, sehingga mampu memotivasi mereka ketika kembali ke daerah asalnya masing-masing.  Kegiatan pelatihan yang berlangsung selama lebih kurang 5 (lima) hari tersebut diselingi dengan fieldtrip ke kelompok-kelompok binaan BPTP Cangkringan yang telah berhasil dalam mengelola usahanya dan kunjungan wisata ke Keraton Jogjakarta.

Pada acara penutupan yang dilangsungkan di Kantor BPTP Cangkringan, Kabupaten Sleman dilakukan penyerahan cindera mata berupa kerajinan anjat kepada BPTP Cangkringan.   (jack 30/04/2019).

You May Also Like

4 thoughts on “Perkuat SDM Pelaku Usaha Perikanan, Dinas Perikanan lakukan pelatihan Kelompok Pembudidaya di BPTPB Cangkringan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *