Bantuan Benih Ikan Bermutu Untuk Peningkatan Produksi Budidaya Perikanan

diskan.kutaibaratkab.go.id.-Sendawar, Salah satu upaya untuk menggenjot produksi budidaya perikanan di  Kabupaten Kutai Barat adalah mendistribusikan benih ikan ke  pembudidaya ikan  menggunakan benih ikan bermutu. Bantuan yang disalurkan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat merupakan salah satu cara untuk menjaga persediaan komoditas perikanan. Pasalnya, ikan merupakan bahan pangan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pangan. Oleh karena itu, Pemerintah  berupaya terus meningkatkan produktivitas budidaya perikanan, seperti perikanan air tawar.

Benih Ikan dalam kantong plastik yang akan dibagikan kepada kelompok penerima

Upaya mendongkrak produksi perikanan budidaya sudah menjadi keharusan apalagi di tengah pandemi seperti sekarang. Oleh karenanya kami terus menyalurkan bantuan benih ke  kecamatan-kecamatan agar produksi perikanan budidaya  Kabupaten Kutai Barat terus meningkat, guna memenuhi kebutuhan pangan.  Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat, melalui kepala Bidang  Pengelolaan Sumber Daya Manusia Leli, S.Pi, M.Si, menyebutkan program bantuan benih ikan merupakan salah satu bagian dari Program Prioritas Dinas Perikanan melalui Bidang Pengelolaan Sumber Daya Dan Daya Saing Produk.

Kolam milik anggota kelompok yang akan ditebar benih ikan

“Upaya pemberian bantuan benih ikan ini juga diharapkan mampu meningkatkan semangat para pembudidaya untuk melakukan usaha dan membantu pokdakan yang sedang kesulitan mendapatkan benih ikan bermutu” ujar kepala Seksi Teknologi Budidaya dan kesehatan Ikan  Oktavianus Nedy, S.Pi  saat  mendistribusikan bantuan ke benih ikan  ke Kelompok. Ada beberapa kelompok pembudidaya yang menjadi sasaran penerima kegiatan bantuan benih ikan diantaranya Kelompok pembudidaya  bolanq, Kampung Gemuhan Asa, Kecamatan Barong Tongkok sebanyak 56.000 (lima puluh enam ribu) benih ikan nila.  “Kelompok pembudidaya  beranggota  10 (sepuluh)  orang anggota , dengan ke pemilikan kolam tanah ada 6 (enam) unit , kelompok kami berdiri sejak tahun  2015 “ ujar Samuel selaku ketua kelompok.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *