Bekali Kampung Keluarga Berencana, Dinas Perikanan Berikan Penyuluhan Budidaya Ikan

diskan.kutaibaratkab.go.id —Upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga di Kabupaten Kutai Barat terus digalakan pelaksanaannya, terutama untuk menyiasati isu stunting (keterlambatan pertumbuhan pada anak yang diakibatkan oleh gizi buruk) yang tengah trend topik di berbagai media. Menurut berbagai sumber diketahui bahwa permaslahan stunting pada anak usia dini dapat dicegah melalui konsumsi jenis-jenis ikan yang kaya protein, baik yang berasal dari ikan sungai maupun ikan laut.

Pertanyaannya adalah kemampuan dari masing-masing keluarga yang mampu untuk menyiapkan kebutuhan konsumsi keluarga untuk protein hewani yang berasal dari ikan ini. Oleh sebab itu salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan pengetahuan bagaimana cara sederhana untuk membudidayakan ikan sehingga nantinya dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat melalui Bidang Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidaya Perikanan, bekerjasama dengan Pengurus Pokja Kampung KB “Panger Besiq” Kampung Dingin, Kecamatan Muara Lawa telah menyelenggarakan penyuluhan perikanan yang mengambil tempat di Lamin Adat Kampung Dingin pada Jum’at 29-03-2019.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perikanan, Dr. Ir. S.A. Samson, M.Si., M.Sc. melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidaya Perikanan, Jakaria, S.Pi menyampaikan perlunya mengkonsumsi ikan sebagai menu harian bagi keluarga, karena memiliki nilai gizi yang cukup untuk pertumbuhan. “Ikan sangat baik dikonsumsi oleh keluarga karena memberikan protein maksimal bagi anggota keluarga di semua golongan usia.” Ujar Jakaria. Dalam pertemuan tersebut disampaikan pula teknik-teknik pembudidayaan ikan dengan memanfaatkan sumberdaya yang tersedia di kampong.

Penyuluhan perikanan yang diikuti oleh puluhan kader Kampung KB tersebut diikuti dengan sangat antusias hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan peserta seputar teknik budidaya ikan. Pihak pengurus Pokja Kampung KB “Panger Besiq” sangat berharap agar pihak Dinas Perikanan dapat secara kontnyu memberikan penyuluhan teknis terkait dengan cara budidaya ikan. Penyuluhan ini berlangsung hingga pukul 13.00 wita, dan ditutup dengan makan dan foto bersama. (jack, 01042019).

You May Also Like

2 thoughts on “Bekali Kampung Keluarga Berencana, Dinas Perikanan Berikan Penyuluhan Budidaya Ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *