Cetak Kolam Dengan Gotong Royong, Pokdakan Mina Harapan Jaya Hidupkan Budaya Leluhur

Sendawar, diskan.kutaibaratkab.go.id., Semangat anggota Pokdakan Mina Harapan Jaya untuk segera memulai aktifitas pembudidayaan ikan memang patut diacungi jempol.  Pasalnya beberapa kendala yang dihadapi dalam budidaya ikan, terutama kolam yang diusahakan belum semua anggota kelompok memilikinya.

Unit Kolam yang telah tercetak milik anggota Pokdakan Mina Harapan Jaya

Kolam yang akan dipergunakan untuk menjadi sarana budidaya akhirnya diputuskan dikerjakan secara gotong royong dengan membagi kelompok kerja. Tiap-tiap kelompok kerja terdiri dari 5 (lima) orang anggota, sehingga dalam waktu 5 (lima) hari akan tercetak lebih kurang 20 (dua puluh) petak kolam tanah dengan ukuran 3 x 5m.  Hal ini bertujuan agar setiap anggota kelompok Mina Harapan Jaya minimal memiliki 1 (satu) unit kolam tanah dengan ukuran 3 x 5m. “Aktifitas gotong royong mencetak kolam ini merupakan solusi bagi kita agar masing-masing anggota memiliki satu unit kolam, sehingga tidak ada alasan tidak dapat memulai usaha karena tidak ada kolam, dan melalui aktifitas ini juga bertujuan untuk menghidupkan kembali budaya gotong-royong leluhur” ujar Kasdiono, salah satu pengurus kelompok.

Aktifitas gotong royong cetak kolam Pokdakan Mina Harapan Jaya

Dari pantauan penulis yang juga secara aktif memantau perkembangan kelompok Mina Harapan Jaya, telah tercetak puluhan petak kolam tanah dengan ukuran kurang lebih 3x5m, sehingga jika dijumlahkan dengan petak kolam yang telah tercetak sebelumnya maka kelompok ini hamper memiliki tiga puluhan petak kolam yang siap untuk ditebar benih ikan.

Aktifitas gotong royong cetak kolam Pokdakan Mina Harapan Jaya

Kolam tanah yang sebagian besar terletak di kawasan tanah rawa ini memang memiliki kondisi teknis yang ideal, mengingat bahwa untuk sumber airnya cukup memadai, baik dari sisi kualitas terutama pH air serta kontinuitas pasokan airnya cukup.  Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat, Dr. Ir. S.A. Samson, M.Si., M.Sc., melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Dan Pembudidaya Perikanan, Jakaria menyampaikan apresiasi kepada Pokdakan Mina Harapan Jaya yang berinisiatif untuk melakukan kegiatan budidaya ikan. “Dinas Perikanan secara institusi Pembina usaha perikanan mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh kelompok Mina Harapan Jaya, secara swadaya memulai usaha budidaya ikan dengan mencetak kolam, dan tentu saja kami dari institusi Pembina memberikan dukungan dalam bentuk teknis, dan bahkan jika tersedia anggaran maka juga didukung dengan sarana budidaya seperti benih dan pakan” ujar Jakaria.

Aktifitas gotong royong cetak kolam Pokdakan Mina Harapan Jaya

Sebagian besar kolam yang tercetak memanfaatkan kawasan rawa yang selama ini dimanfaatkan untuk sawah dan sebagian lagi memanfaatkan lahan rawa yang selama ini belum dimanfaatkan. (Jack/17/05/2021)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *