Dorong Ekonomi Kerakyatan, Dinas Perikanan Dukung Pelaku Usaha Perikanan dengan Sarana Penunjang

Sendawar, diskan.kutaibaratkab.go.id. – Upaya Pemerintah Kabupaten Kutai Barat untuk mendukung aktifitas perekonomian masyarakat memang tidak pernah berhenti.

Sarana Budidaya Ikan Berupa Keramba

Kegiatan perekonomian yang dilakukan oleh masyarakat khususnya usaha perikanan dari tahun ketahun selalu menjadi perhatian Pemerintah. Pemberian bantuan berupa sarana dan prasarana produksi perikanan, serta pendidikan dan latihan kepada masyarakat pelaku usaha perikanan selalu diberikan secara kontinu setiap tahun.

Alat penunjang bagi nelayan berupa mesin
Alat penunjang bagi nelayan berupa perahu
Mesin Pengolah Pakan Ikan yang diterima oleh kelompok penerima

Dukungan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat kepada pelaku usaha perikanan dari tahun ketahun semakin meningkat. Di tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Kutai Barat telah merealisasikan pemberian bantuan berupa Alat Tangkap 989 Unit,  Mesin dan Perahu Ketinting 107 Unit, Keramba 205  Unit, Keramba Jaring Apung  4  Unit, Benih Ikan 260.000 ekor, Pakan ikan  27.070 Kg, Kolam Terpal 85 Unit, Lantai Jemur 2 Unit, Indukan Ikan 6 paket, Mesin pengolah pakan ikan sebanyak 2 paket, Rehab Kolam 1 Paket, Kegiatan Pelatihan bagi ratusan anggota Kelompok Pelaku Usaha Perikanan.

Benih Ikan yang diserahkan kepada Kelompok Penerima

“Karena keterbatasan anggaran, maka tidak semua kelompok dapat diakomodir proposalnya, dan untuk yang belum terealisasi agar bisa bersabar dan diharapkan bisa terealisasi pada tahun berikutnya” ujar ibu Leli, Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya dan Daya Saing Produk Perikanan.

Alat tangkap ikan berupa pukat dan jala yang diterima oleh masyarakat penerima
Kolam masyarakat yang mendapat kegiatan rehab kolam
Kegiatan pelatihan teknis perikanan yang diberikan kepada masyarakat

Dengan adanya bantuan yang diberikan oleh pemerintah, maka diharapkan agar kelompok penerima dapat memanfaatkan secara maksimal, sehingga dapat mendongkrak perekonomian masyareakat. (jack/13/02/2020).

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *