Dukung aktifitas Budidaya Ikan, Diskan Kubar Demplot Kolam Terpal

Sendawar, diskan.kutaibaratkab.go.id. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk kegiatan pemeliharaan atau budidaya ikan. Mulai dari menggunakan kolam tanah, Keramba, Jaring Apung, Bahkan Kolam Terpal.  Yang penting adalah tersedianya media utama untuk proses pemeliharaan ikan yaitu air yang memenuhi syarat untuk pertumbuhan yang optimal.

Kolam Terpal yang ditebar ikan nila sebanyak 150 ekor

Sekarang upaya pemeliharaan ikan tidak lagi harus berdekatan dengan sungai, danau, atau rawa tetapi sudah bisa dilakukan oleh masyarakat yang berada jauh dari sumber air, yaitu dengan mempergunakan wadah penampung air pada saat air mudah didapatkan.  Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Barat untuk mendorong upaya peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat banyak dilakukan, terutama kegiatan ekonomi kerakyatan.

Penampakan Kolam Terpal yang ditebar ikan lele

Diantaranya adalah dengan pemberian bantuan berupa sarana dan prsarana produksi budidaya perikanan yang berupaya untuk meningkatan perekonomian masyarakat melalui peningkatan produksi sehingga penghasilan masyarakat pelaku usaha perikanan bisa bertambah, selain itu juga memberikan akses bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui kegiatan pelatihan.  Tidak berhenti sampai disitu Dinas Perikanan juga memberikan contoh pemanfaatan pekarangan untuk membudidayakan ikan.  Demontrasi Plot yang memanfaatkan beton yang awalnya dipergunakan sebagai tempat pemeliharaan bung ataman kini diubah fungsinya menjadi kolam untuk pemeliharaan ikan.  Dua unit kolam yang berukuran 3×0,6×0,7 m itu kini telah dimanfaatkan untuk pemeliharaan ikan lele dan ikan nila dengan padat tebar 150 ekor.  Selain itu juga pada kolam lele dimanfaatkan juga untuk media pemeliharaan kangkung yang menggunakan kemasan bekas mie instan sebagai wadah.

Penaman kangkung dalam media bekas kemasan mie instan dalam kolam terpal ikan lele

Diharapkan pelaku usaha perikanan yang berkepentingan untuk berkunjung ke Dinas Perikanan dapat melihat dan mendapatkan informasi seputar pemeliharaan ikan. (jack/07/01/2020).

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *