Dukung Kelompok Untuk Menyiapkan Pakan Mandiri, Dinas Perikanan Serahkan Mesin Pembuat Pakan Ikan

diskan.kutaibaratkab.go.id.-Sendawar, Animo masyarakat Kutai Barat untuk menggeluti usaha perikanan semakin terlihat dengan semakin tumbuhnya kelompok-kelompok Budidaya Perikanan.  Hal ini terlihat dengan semakin meningkatnya permintaan sarana dan prasarana budidaya ikan kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui  Dinas Perikanan. Hal ini seiring dengan program pengembangan budidaya perikanan yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah produksi perikanan.  Berhasilnya usaha perikanan tidak terlepas dari peran beberapa faktor.

Suasana Pertemuan Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat dan Kelompok Samaan Taay Kampung Linggang Jelmuq Kec. Tering

Ketersedian sarana dan prasarana seperti benih bermutu, pakan berkualitas, kualitas air, wadah pemelihraan, serta Sumber daya manusia pelaku usaha perikanan.  Dari berbagai pengalaman ternyata sebagian besar biaya yang dikeluarkan oleh pelaku usaha budidaya perikanan ada di penyiapan pakan. Dari pengalaman beberapa pelaku usaha yang ditemui dilapangan menyebutkan bahwa untuk pemeliharaan ikan dengan jumlah tebar 3000 (tiga ribu) ekor dibutuhkan sekitar 10 (sepuluh) karung pakan atau sekitar 300 (tiga ratus) kilogram pakan untuk masa pemeliharaan ikan mas selama 2 (dua) bulan.  Hal ini diakui cukup menjadi beban bagi pelaku usaha perikanan, karena tingginya harga pakan serta cenderung naik setiap bulannya. Menjawab kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Dinas Perikanan menyerahkan 1 (satu) unit alat pengolahan pakan dan perangkat pendukung kepada Kelompok Tani Samaan Taay Kampung Linggang Jelmuq, Kecamatan Tering pada Selasa (14/9).

Penyerahan Bantuan alat pencetak pakan ikan o;eh Dinas Perikanan kepada Kelompok Samaan Taay Kampung Linggang Jelmuq Kec. Tering

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat, S.A. Samson, didampingi oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidaya Perikanan, Jakaria, dan Kepala Seksi Pemberdayaan Usaha dan Perikanan Kristian Jul Frianto beserta staf menyerahkan secara langsung mesin pengolah pakan/pencetak pellet ikan kepada Kelompok penerima. Kepala Dinas Perikanan Kutai Barat berharap agar mesin tersebut dapt dipergunakan secara maksimal untuk untuk mendukung usaha perikanan, sehingga dapat meningkatkan produksi. “Saya berharap agar mesin ini dapat difungsikan secara maksimal untuk mendukung kegiatan budidaya ikan, serta kelompok dapat bertanggung jawab dalam pengeloaan serta pemeliharaannya, sehingga mesin ini awet dan berhasil guna” ujar Samson.  Kelompok Samaan Taay merupakan kelompok yang telah lama memiliki usaha ini, namun terkendala oleh penyiapan pakan.  Dalam kesempatan tersebut Masrin selaku ketua kelompok menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Barat yang telah memberikan bantuan alat pengolah pakan ini. “Kami sangat berterima kasih karena Pemerintah Kabupaten Kutai Barat telah memberikan perhatian khusus kepada kelompok kami, dan ini sangat berharga bagi kami untuk mengatasi persoalan pakan ikan peliharaan kami” ujar Masrin.

Uji coba mesin pembuat/pencetak pakan ikan oleh Kelompok Samaan Taay Kampung Linggang Jelmuq Kec. Tering

Ditambahkannya pula agar pihak Dinas Perikanan dapat memberikan pelatihan secara khusus terkait teknis pembuatan pakan kepada kelompok.  Dalam kesempatan tersebut dilakukan pula uji coba peralatan dengan disaksikan langsung oleh pihak Dinas perikanan dan Pengurus serta anggota Kelompok Samaan Taay. (Jack/30/09/2021)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *