Dukung Pemanfaatan Danau Bahadaq, Diskan Kutai Barat serahkan Keramba

diskan.kutaibaratkab.go.id. – Sendawar, Upaya Pemerintah Kabupaten Kutai untuk meningkatkan perekeonomian seakan tiada henti.  Sektor-sektor usaha yang secara langsung memberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan menjadi sasaran utama disetiap penganggaran.

Penebaran benih ikan patin ke dalam keramba milik pembudidaya ikan di danau Bahadaq

Tidak terluput dari  sasaran peningkatan kesejahteraan yaitu aktifitas pemanfaatan danau Bahadaq.  Danau yang terletak di Kecamatan Tering ini memang telah lama dilakukan oleh para nelayan dan pembudidaya ikan.  Usaha yang telah menopang kehidupan bagi sekitar 30-an Kepala Keluarga di Danau Bahadaq ini telah berjalan puluhan tahun.

Rumah rakit Nelayan dan Pembudidaya ikan di Danau Bahadaq

Sehingga tidaklah mengherankan jika Pemerintah Kabupaten Kutai Barat pada Tahun Anggaran 2020 ini mengalokasikan bantuan bagi para nelayan dan pembudidaya yang melakukan kegiatan usahanya di danau Bahadaq ini. “Tahun ini Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Dinas Perikanan menyalurkan 10 (sepuluh) unti keramba kepada nelayan dan pembudidaya perikanan di dananu Bahadaq” ujar S.A. Samson.  S.A. Samson yang juga adalah Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat menyerahkan bantuan  sebanyak 10 (sepuluh) unit keramba pada senin (6/7) kepada Nelayan dan Pembudidaya perikanan di danau Bahadaq.  Samson berharap agar Nelayan dan Pembudidaya Perikanan dapat memanfaatkan serta memelihara sarana yang telah diserahkan, sehingga sarana yang diberikan dapat memberikan dampak maksimal bagi usahanya.  Kelompok Rukun Abadi sebagai penerima sarana budidaya perikanan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Barat karena telah memberikan perhatian kepada masyarakat Nelayan dan Pembudidaya Perikanan di danau Bahadaq.

Alur anak sungai Mahakam menuju ke danau Bahadaq dengan menggunakan perahu Ketinting

Dari pantauan media ini, usaha yang dilakukan oleh para Nelayan dan Pembudidaya Perikanan memang gencar dilakukan di danau Bahadaq ini.  Deretan rumah rakit yang berada di danau Bahadaq ini menandakan bahwa aktifitas budidaya dan penangkapan ikan telah dilakukan sejak lama.  Beberapa keramba yang dimilki oleh para pembudidaya memang telah berumur lama, sehingga perlu diganti dengan yang baru. Adapun ikan-ikan yang cocok dibudidayakan adalah ikan-ikan yang memiliki daya tahan dan daya adaptasi lingkungan yang tinggi. (jack/13/07/2020).

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *