Gali Potensi Usaha Perikanan, Dinas Perikanan Kutai Barat Gandeng Universitas Mulawarman lakukan kajian

Sendawar, diskan.kutaibaratkab.go.id. – Kabupaten Kutai Barat memiliki potensi perikanan berupa peraiaran umum yang besar untuk dikembangkan.  Pemanfaatan potensi perikanan memang telah lama dilakukan oleh masyarakat pelaku usaha perikanan, baik dengan melakukan aktifitas penangkpan ikan maupun dengan melakukan kegiatan budidaya.

Produk olahan perikanan berupa ikan asin milik pengumpul

Pembangunan perikanan diharapkan dapat memberikan manfaat optimal bagi kesejahteraan masyarakat dengan tetap mempertimbangkan kelestarian potensi perikanan yang ada, sehingga dapat memberikan manfaat secara berkesinambungan.  Pelaku usaha perikanan di Kabupaten Kutai Barat pada umumnya dilakukan dengan cara yang masih tradisional, peralatan sederhana dan dengan permodalan kecil, sehingga kedepannya masih terbuka peluang untuk dikembangkan.  Upaya pengembangan perikanan melalui penggalian potensi perikanan masih terkendala dengan minimnya informasi terkait potensi, kondisi lingkungan, serta peluang usaha, sehingga rekomendasi penting terkait pengembangan usaha perikanan belum dapat diperoleh.  Kebijakan pemerintah yang selama ini dilakukan berupa bantuan secara stimulant kepada masyarakat pelaku usaha perikanan berupa sarana dan prasarana perikanan budidaya dan perikanan tangkap untuk peningkatan produksi, serta program peningkatan Sumber Daya Manusia pelaku usaha perikanan.  Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat dalam upaya untuk memperoleh informasi penting terkait kajian secara akademis untuk menggali potensi dan pengembangan usaha perikanan telah melakukan kerjasama dengan Universitas Mulawarman Samarinda.

Penandatanganan Dokumen perjanjian Kerjasama antara Dinas Perikanan dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman Kkamis, 11/07/2019)

Bertempat di kampus Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Perikanan telah dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat pada hari kamis (11/07/2019).  Dari Kajian tersebut diharapkan bahwa pengembangan dan peluang usaha perikanan di Kabupaten Kutai Barat dapat teridentifikasi, terpetakan, tersususunnya rekomendasi peluang usaha perikanan dan orientasi akses pemasaran produksi perikanan serta diperolehnya rekomendasi pengembangan produk olahan unggul yang dapat meningkatkan nilai tambah produk perikanan.  Perjanjian Kerjasama tersebut ditandatangani oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat Dr. Ir. Stefanus Alexander Samson, M.Si., M.Sc., Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman Prof. Dr. Ir. Iwan Suyatna, M.Sc., DEA, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat Leli, S.Pi., M.Si. (jack/6/08/2019).

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *