Manfaat Ikan Asin untuk Kesehatan

diskan.kutaibaratkab.go.id.-Sendawar,

Ikan asin adalah salah satu lauk makan yang banyak digemari masyarakat. Selain sambal dan kerupuk, ikan asin juga juga sering hadir menjadi pelengkap makanan.  Khususnya di Kutai Barat Ada beberapa jenis ikan yang biasanya diolah menjadi ikan asin, seperti ikan biawan, ikan gabus, ikan lais dan beberapa jenis lainnya. biasanya wilayah kecamatan penyinggahan, muara pahu, dan jempang memproduksi ikan asin dalam jumlah yang cukup banyak yang juga pelopor penghasil tangkapan ikan di Kabupaten Kutai Barat Proses pembuatannya yaitu dengan cara diasinkan dengan garam dalam jumlah yang banyak, kemudian dijemur selama beberapa hari sehingga ikan bisa awet serta mengring. Namun, di balik nikmatnya ikan asin, adakah manfaatnya untuk kesehatan?

Proses penjemuran ikan asin

Nutrisi yang Terkandung dalam Ikan Asin

Meski sering dianggap sebagai lauk yang sederhana, nyatanya ikan asin punya banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Dalam 100 gram ikan asin, terdapat nutrisi berikut:

  • Energi: 193 kcal.
  • Protein: 42 gram.
  • Karbohidrat: 0
  • Lemak: 1,5 gram.
  • Kalsium: 200 miligram.
  • Fosfor: 300 miligram.
  • Zat besi: 3 miligram.
  • Vitamin B1: 0,01 miligram.

Dengan nutrisi tersebut, ikan asin yang dikonsumsi secukupnya bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

  1. Baik untuk Kesehatan Gigi dan Tulang

Kalsium dan fosfor menjadi salah satu kandungan yang paling tinggi pada ikan asin. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi, antara lain menambah tinggi badan selama masa pertumbuhan, mencegah kelainan tulang, dan memperkuat struktur tulang.

  1. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Selain baik untuk kesehatan tulang dan gigi, ikan asin juga bermanfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan luka. Hal itu berkat kandungan zat besinya yang tinggi. Namun, manfaat ini mungkin tidak berlaku bagi orang yang mengidap hemofilia.

  1. Mencegah Anemia

Zat besi yang terkandung dalam ikan asin juga bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah terjadinya anemia. Kondisi ini terjadi ketika tubuh kekurangan jumlah sel darah merah yang sehat. Nah, zat besi dalam ikan asin bisa membantu tubuh dalam memproduksi sel darah, sehingga anemia bisa dicegah.

  1. Menjaga Sistem Imun Tubuh

Ikan asin juga mampu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini berkat kandungan protein di dalamnya. Daya tahan tubuh yang baik membuat kamu tidak mudah terserang penyakit

  1. Membantu Pembentukan Otot

Memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, ikan asin juga bermanfaat untuk membangun dan meningkatkan massa otot, terutama bagi kamu yang sedang menjalani program pembentukan otot.

  1. Sumber Energi Bagi Tubuh

Sebanyak 100 gram ikan asin kering bisa memberikan energi bagi tubuh sebanyak 193 kkal. Hal ini bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh dalam satu hari. Apalagi jika dipadukan dengan bahan makanan lain yang memiliki nilai gizi tinggi.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Ikan asin mengandung omega-3 yang cukup tinggi. Selain itu, makanan laut ini juga kaya kandungan kolesterol baik. Ikan asin membantu mencegah penyakit jantung dan berbagai permasalahan jantung lainnya. Kandungan omega-3 pada ikan asin juga membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Penggaraman ikan untuk membuat ikan asin

itulah manfaat ikan asin untuk kesehatan. Namun, dianjurkan agar tidak terlalu sering dan tidak berlebihan bila ingin mengonsumsi ikan asin. Ikan asin mengandung garam yang tinggi yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

Ikan asin siap kemas untuk konsumsi

Oleh karena itu, ikan asin harus dikonsumsi dalam jumlah yang sehat, juga dianjurkan untuk menambahkan sayuran dan buah-buahan ke dalam menu makanan  sehari-hari. (Mastuyah/Jack/6/10/2021)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *