Manfaatkan SDA, KT. Harapan Kita Kampung Ongko Asa budidayakan Ikan Patin Di Kolam

Sendawar, diskan.kutaibaratkab.go.id.  Kampung Ongko Asa yang berada di wilayah Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat memiliki potensi memadai untuk pengembangan perikanan, mengingat ketersediaan airnya cukup untuk keperluan budidaya ikan.  Air sungai yang mengalir dikampung ini tersedia sepanjang tahun sekalipun pada saat musim kemarau.

Pembuatan dam air secara swadaya oleh KT. Harapan Kita, sebagai sumber air kolam

Kondisi inilah yang dimanfaatkan oleh Pak Yohanes Baau yang tergabung dalam Kelompok Tani Harapan Kita untuk membudidayakan ikan.  Usaha budidaya ikan yang digeluti bersama sembilan anggota kelompoknya ini telah berjalan cukup lama.  Dengan hamparan kolam berjumlah sepuluh unit yang dimiliki kelompok tani ini sekarang tengah membudidayakan ikan patin. “Sekarang kami tengah memelihara ikan patin yang kami dapat dari bantuan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Dinas Perikanan Tahun 2018, dan ikan yang kami pelihara sudah mulai kami panen” ujar Pak Yohanes Baau.  Ikan patin yang dipelihara bersama kelompoknya ini, oleh Pak Yohanes Baau dan anggota dijual kepada pengepul maupun dijual kepada masyarakat kampung yang membutuhkannya.  Harga jual eceran ikan patinnya ini dijual dengan harga 30 ribu rupiah.

Ikan Patin Hasil Budidaya di Kolam Tanah yang siap jual

Menurut pak Yohanes Baau, usaha budidaya ikan ini cukup menguntungkan, sehingga kedepan usahanya terus dikembangkan dengan memlihara ikan-ikan jenis lain seperti ikan nila dan ikan Mas.  “kedepannya kami coba untuk memelihara ikan jenis lain seperti ikan Mas dan ikan nila, mengingat bahwa ikan ini lebih cepat perumbuhannya, memiliki nilai ekonomi dan peluang pasar yang bagus, serta cocok dengan kondisi lingkungan kami di sini” ujarnya kepada media ini.  Berkaitan dengan hama dan penyakit Yohanes Baau mennyampaikan bahwa serangan penyakit belum ada terjadi, sedangkan untuk serangan hama ada beberapa kali terutama serangan berang-berang dan biawak namun dapat diatasi oleh kelompoknya. Ketika ditanya harapannya kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, dia berharap agar kedepannya tetap diberikan pembinaan, baik secara teknis maupun dukungan sarana dan prasarana Budidaya.  Secara terpisah Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat, Dr. Ir. S.A. Samson, M.Si., M.Sc., melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidaya Perikanan, Jakaria, S.Pi menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kutai Barat memberikan dukungan penuh kepada usaha-usaha masyarakat yang terkait dengan peningkatan ekonomi kerakyatan.

Pak Yohanes Baau tengah menghitung hasil penjualan ikan miliknya

Hal ini dibuktikan dengan program-program yang tengah dijalankan oleh Dinas Perikanan dari tahun ke tahun Anggaran mengakomodir usulan dari masyarakat berupa program pengembangan Budidaya Perikanan yang memberikan dukungan penyediaan sarana dan prasarana budidaya, sarana tangkap, pengolahan, fasilitasi kemitraan usaha, serta pembinaan melalui peningkatan kapasitas kelembagaan maupun SDM pelaku usaha. (jack/28/07/2019).

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *