Meta, Warga Kampung Ngenyan Asa, Kembangkan Usaha Benih Ikan

diskan.kutaibaratkab.go.id.-Sendawar, Mengaku coba-coba ketika memulai usaha, ternyata usaha yang dilakukan telah memberikan keuntungan.  Hal inilah yang dilakukan oleh Ibu Meta, wanita warga kampung Ngenyan Asa yang melakukan usaha di sektor perikanan berupa usaha benih ikan.  Meskipun diawal-awal usaha sering terjadi kegagalan, namun dengan tekad bulat ia tetap melanjutkan usahanya. Sehingga usaha yang dilakukan selama lebih kurang satu tahun ini sejak 2019 lalu, ternyata telah memberikan hasil baginya.

Unit Kolam terpal Bundar milik ibu Meta, warga Kampung Ngenyan Asa Kecamatan Barong Tongkok

Terletak di gang Swadaya Kampung Ngenyan Asa Kecamatan Barong Tongkok ini terdiri dari beberapa buah kolam antara lain 2 unit kolam terpal bundar, dan 3 unit kolam terpal yang berada di samping rumah tempat tinggalnya.  Adapun benih ikan yang dijualnya terdiri dari benih Ikan Lele, Ikan Patin, Ikan Nila, dan Ikan Mas.  Dalam seminggu Ibu Meta, mampu menjual ribuan benih ikan kepada para pembeli.  “Saya menjual benih ini setiap hari, karena stok benih kita selalu ada pak” ujarnya.

Ribuan benih ikan yang siap dipasarkan oleh Ibu Meta, warga Kampung Ngenyan Asa Kecamatan Brong Tongkok

Dari ke-4 jenis ikan yang dijual, yang paling laku adalah dari jenis ikan lele dan ikan nila. Dengan harga variatif sesuai dengan ukuran dan jenis ikan, ibu muda ini telah menjangkau daerah-daerah seputar kecamatan Barong Tongkok, Kecamatan Muara Lawa, bahkan sampai ke Kabupaten Mahakam Ulu.  Kendala yang dihadapi adalah ketika pada musim penghujan, maka harus melakukan upaya-upaya maksimal untuk mengurangi tingkat kematian benih ikan.

Benih Ikan Lele, yang siap dipasarkan oleh Ibu Meta, warga Kampung Ngenyan Asa Kecamatan Brong Tongkok

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat, Dr. Ir. S.A. Samson, M.Si., M.Sc. melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidaya Perikanan, Jakaria, S.Pi. yang berkunjung langsung ke lokasi, memberikan masukan teknis terhadap penanganan  benih untuk minimalisir kematian.  Menurut Jakaria, peluang usaha benih cukup besar mengingat animo masyarakat untuk membudidayakan ikan semakin meningkat.  “Sebagian besar benih ikan masih didatangkan dari luar Kutai Barat, sehingga ini memberikan peluang usaha bagi pembenih-pembenih lokal Kutai Barat” ujar Jakaria.

Alamat penjualan benih ikan milik Ibu Meta, warga Kampung Ngenyan Asa Kecamatan Brong Tongkok

Bagi pembaca yang ingin mendapatkan benih ikan dari Ibu Meta, silahkan menghubungi ke nomor telepon 0812-5175-5741. (Jack/26/10/2020).

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *