Pemerintah Kabupaten Kutai Barat Dukung Peningkatan Produksi Nelayan dengan Bantuan 10 Unit Ketinting di Kelompok Nelayan Pahu Jaya Kampung Muara Baroh Kecamatan Muara Pahu

diskan.kutaibaratkab.go.id. – Sebagai langkah konkret untuk mendukung peningkatan produksi kelompok nelayan perikanan di wilayahnya, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Dinas Perikanan memberikan bantuan berupa 10 unit ketinting kepada Kelompok Nelayan Pahu Jaya. Penyerahan bantuan ini dilakukan secara langsung oleh Kepala Bidang Perikanan Tangkap Berkat David Sinaga, S.Pi, M.Si (Selasa, 25/07/2023), di rumah Ketua Kelompok Nelayan Pahu Jaya, Kampung Muara Baroh, Kecamatan Muara Pahu.

Kecamatan Muara Pahu dikenal sebagai salah satu kecamatan dengan potensi perikanan yang besar di Kabupaten Kutai Barat. Mayoritas penduduknya mencari nafkah di sektor perikanan khususnya tangkap. Menurut data Dinas Perikanan tahun 2022, terdapat sekitar 1.260 nelayan tangkap yang menggantungkan hidupnya pada sektor ini.

Mesin ketinting yang diserahkan kepada kelompok nelayan

Pada tahun anggaran 2023, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Dinas Perikanan terus berupaya meningkatkan produksi perikanan tangkap dengan menyediakan bantuan sarana dan prasarana. Bantuan ini mencakup alat penangkapan ikan, mesin ketinting, perahu kayu, dan cool box. Diharapkan, bantuan ini dapat memberikan dorongan produktivitas bagi nelayan dalam menangkap ikan.

Ketua Kelompok Nelayan Pahu Jaya, Otot Tika Hardiansyah, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Dinas Perikanan atas bantuan yang diberikan. “Sudah lama sekali kami mengharapkan bantuan mesin ketinting ini. Kami sangat bersyukur bisa direalisasikan pada tahun ini. Kami juga berharap pada kesempatan berikutnya kami bisa mendapatkan bantuan untuk perahu lagi, untuk menggantikan perahu kelompok yang sudah tua,” ujarnya.

Mesin ketinting dengan background rumah nelayan

Kepala Dinas Perikanan, melalui Kepala Bidang Tangkap Berkat David Sinaga, S.Pi, M.Si, menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan oleh Pemerintah bersifat sebagai stimulus untuk membantu kelompok nelayan dalam usaha perikanan. “Kami berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk peningkatan pendapatan keluarga para nelayan,” tambahnya.

Dengan bantuan ini, diharapkan produksi perikanan tangkap di Kutai Barat akan terus meningkat, memberikan dampak positif tidak hanya bagi nelayan tetapi juga bagi perekonomian lokal. (Jack/Mastuyah/09102003)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *