Pokdakan Mina Harapan Jaya, Manfaatkan Lahan Tanah Untuk Budidaya Ikan

diskan.kutaibaratkab.go.id. – Sendawar, Ditengah terpaan pandemic Covid-19 yang masih menerpa masyarakat, ternyata ada beragam upaya yang dilakukan oleh warga masyarakat untuk menghadapi dampaknya.  Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan ketahanan pangan melalui upaya peningkatan produksi pangan. Di Sektor perikanan, dengan memanfaatkan lahan yang dimiliki, ternyata ada saja upaya yang dilakukan oleh warga masyarakat untuk mempertahankan dan pemenuhan gizi keluarga.  Hal ini terungkap dalam rapat warga kampung Sekolaq Darat untuk membentuk kelompok yang bertujuan mengusahakan budidaya ikan dalam kolam tanah.

Acara pertemuan pembentukan kelompok pembudidaya ikan Mina Harapan Jaya Kampung Sekolaq Darat Kecamatan Sekolaq Darat

Bertempat di lahan warga, beberapa orang warga secara sepakat, karena memiliki tujuan yang sama membentuk kelompok budidaya ikan.  Kelompok yang diberi nama Mina Harapan Jaya ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan anggota untuk bersama-sama memanfaatkan lahan untuk budidaya ikan dalam kolam tanah.  Kasdiono selaku penggagas pertemuan ini berharap agar kelompok ini dapat berkembang, serta mampu menjalankan usaha sebagaimana mestinya. “Kami berharap agar kelompok ini dapat melaksanakan usahanya, dengan merangkum semua kebutuhan anggota sehingga dapat berjalan sebagaimana tujuan dibentuknya kelompok” ujar Kasdiono. Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Jakaria, S,Pi. selaku narasumber menyampaikan beberapa rambu-rambu aturan yang harus dipenuhi.  Beberapa rambu tersebut diantaranya adalahn menyesuaikan nama kelompok sesuai dengan aktifitas yang akan dijalankan kelompok. “Nama kelompok harus menyesuaikan dengan aktifitas kelompok, nama tersebut diawalai dengan kelompok usaha bersama untuk aktifitas nelayan, Kelompok Pembudidaya Ikan untuk usaha memelihara ikan, ada lagi kelompok pengolah dan pemasar ikan, kelompok usaha garam, serta kelompok masyarakat pengawas” ujar Jakaria.  Dalam menjalankan usahanya diharapkan masyarakat untuk membentuk kelompok agar pembinaan dan pengawasan oleh Pemerintah mudah dilakukan, serta akan mempermudah proses transfer informasi antar anggota.  Dalam pertemuan tersebut telah disepakati nama kelompok yaitu kelompok pembudidaya ikan “Mina Harapan Jaya” yang bertempat di Kampung Sekolaq Darat Kecamatan Sekolaq Darat.

Lokasi Kolam tanah milik anggota kelompok Mina Harapan Jaya Kampung Sekolaq Darat Kecamatan Sekolaq Darat

Dari hasil kunjungan lapangan terungkap bahwa ternyata anggota kelompok ini telah memiliki beberapa unit kolam yang telah ditebar, dan beberapa lagi yang  siap tebar. “Ada empat unit kolam ukuran 10x10m yang siap ditebar benih, akan tetapi karena keterbatasan modal proses tebarnya ditunda dulu’ ujar Neri.  Begitu juga dengan Sopo yang telah beberapa kali melakukan panen ikan lele jenis sangkuriang. “Saya sudah beberapa kali panen ikan lele sangkuriang yang saya pelihara dalam wadah bukan kolam tanah, dan tahun ini saya bersama kelompok memulai usaha budidaya ikan dalam kolam tanah” ujar Sopo yang terpilih sebagai ketua kelompok.  Lahan kolam tanah kelompok Mina Sejahtera memang terbilang tidak satu hamparan mengingat memanfaatkan lahan tanah sesuai dengan lokasi hak milik masing-masing. Dari pantauan penulis ternyata kelompok ini memiliki potensi yang cukup untuk dikembangkan sebagai kawasan budidaya ikan dalam kolam tanah, bahkan bisa dipadukan juga dengan usaha lain seperti padi sawah atau biasa disebut dengan budidaya minapadi. (jack/30/04/2021).

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *