Rifqi Aquarium, pusat penjualan ikan hias terlengkap di Sendawar

Sendawar, diskan.kutaibaratkab.go.id. – Usaha perikanan terkait dengan produk ikan hias belum terlalu dikenal oleh masyarakat di Kabupaten Kutai Barat.  Hal ini mungkin dikarenakan minimnya informasi serta jumlah pegiat atau para hobis terkait memelihara ikan hias, padahal usaha ini cukup menjanjikan.

Rifqi Aquarium di jalan Poros Kelurahan Simpang Raya

 

Bisnis ini, cukup mudah dijanlankan, namun memang butuh ketekunan dalam menjalankannya. Ikan hias air tawar meliputi banyak jenis ikan seperti ikan cupang, guppy, koki, koi, dan sebagainya. Dari bisnis ikan-ikan itu, keuntungan yang bisa didapatkan cukup besar, tergantung dari kualitas ikan dan segmentasi pembeli yang Anda tuju. Ikan cupang misalnya, dengan jenis yang sama, ikan ini bisa dijual seharga Rp5.000 saja. Namun, bila Anda menjualnya ke penghobi ikan, harganya bisa mencapai Rp50.000. Di komunitas penggemar ikan hias cupang, tidak heran bila ikan-ikan hias tersebut dijual seharga ratusan ribu rupiah. Memang biasanya kualitas dari ikannya pun bagus. Terlihat dari bentuk dan ukuran siripnya, warnanya, atau keunikan dari spesies cupang itu sendiri, yang beberapa sudah sulit dijumpai. Ikan guppy juga sama, banyak dijumpai ikan guppy yang bagi orang awam terlihat biasa saja. Namun, harganya bisa sangat mahal karena keindahannya.

Ikan Arwana yang dijual di Rifqi Aquarium dengan harga 12 juta rupiah

Bagi anda yang berdomisili di Sendawar dan ingin memelihara ikan hias, anda dapat menemukan tempat penjualan ikan hias terlengkap di ibu kota kabupaten Kutai Barat ini.  Salah satunya yang sempat dunjungi oleh penulis adalah Rifqi Aquarium yang terletak di jalan poros Kelurahan Simpang Raya. Menurut sang pemilik bahwa usahanya telah berjalan lebih kurang 2 tahunan, dan memiliki peralatan dan perlengkapan ikan hias, aquarium dan pernak-pernik hiasan, perangkat pompa dan aerasi, filter air dan kelengkapannya yang cukup lengkap.  pak Amal, sang pemilik menuturkan bahwa ikan-ikan hias yang dijualnya memiliki kisaran harga dari Rp. 5 ribuan hingga belasan juta rupiah. “Ikan termurah berkisar harga 5 ribuan, sedangkan yang mahal ikan louhan impor dengan dengan harga 1,5 juta rupiah, dan yang termahal adalah ikan arwana dengan harga 12 juta rupiah” ujarnya.

Ikan Maskoki

Dari pengamatan penulis terlihat tidak kurang dari 30-an jenis ikan yang dijajakannya, dengan ikan terlaris adalah ikan cupang.  Dari pengamatan penulis terdapat berbagai jenis dan ukuran aquarium yang dijual dengan harga bervariasi 600-800an ribu rupiah.  Bagi anda yang penasaran untuk mengetahui dan ingin melihat secara langsung, silahkan meluncur ke Rifqi Aquarium di jalan poros Simpang raya. (jack/08/10/2019)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *