Sekretariat

Kepala Sekretariat


Nama : Abraham, S.E.

Tugas Pokok dan Fungsi Sekretariat

(1) Sekretariat mempunyai tugas :
a. Sekretariat pada dinas Perikanan, melaksanakan tugas dan fungsi kesekretariatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
b. Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, koordinasi perencanaan program, administrasi umum, kehumasan, kepegawaian, perlengkapan dan administrasi keuangan, monitoring, evaluasi serta pelaporan;
c. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas berdasarkan ketentuan peraturan dan perundang-undagan yang berlaku.

(2) Sekretariat dipimpin oleh sekretaris yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Dinas.
(3) Sekretariat membawahkan sub bagian yang dipimpin oleh kepala sub bagian dan bertanggungjawab langsung pada sekretaris.

Pasal 8

(1) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat (1), Sekretariatmempunyai fungsi :
a. Pengelolaan kegiatan Kesekretariatan meliputi Umum, Keuangan dan Perencanaan Program;
b. Pembinaan dan pemberian dukungan Administrasi di Lingkungan Dinas Perikanan;
c. Pengelolaan barang milik/kekayaan Negara yang menjadi tanggung jawab Dinas Perikanan;
d. Penyelenggaraan pengawasan dan pengendalian tugas dilingkungan Dinas Perikanan;
e. Pelaksanaan koordinasi kegiatan Dinas Perikanan;
f. Pelaksanaan Koordinasi dan penyusunan Rencana Program dan Anggaran Dinas Perikanan;
g. Pembinaan dan pemberian dukungan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, keuangan, kerumahtanggaan, perlengkapan, kerjasama, komunikasi publik, arsip dan dokumentasi Dinas;
h. Pembinaan dan penataan organisasi tata laksana Dinas Perikanan
(2) Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dijabarkan dalam uraian tugas sebagai berikut:
a. Mengkoordinir penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) dan Rencana Kinerja (RENJA) Dinas;
b. Mengkoordinasikan kegiatan Subbag Perencanaan Program, Subbag Keuangan dan Subbag Umum;
c. Mengkoordinasikan setiap bidang dalam penyusunan LPPD, LKPJ, LAKIP dan segala bentuk pelaporan lainnya sesuai dengan lingkup tugasnya;
d. Merumuskan program dan kegiatan lingkup Sekretariat;
e. Menyelenggarakan administrasi keuangan dan asset daerah di lingkup tugasnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
f. Mengkoordinasikan, menghimpun, menganalisa dan mengevaluasi perencanaan program Dinas;
g. Mengkoordinasikan penyelenggaraan urusan ketatausahaan pada Dinas;
h. Menganalisa kebutuhan pegawai pada Dinas;
i. Membagi jumlah seluruh pelaksana Dinas untuk ditempatkan pada setiap bidang sesuai kebutuhan dan keahlian;
j. Menganalisa kebutuhan, memelihara, mendayagunakan serta mendistribusikan sarana dan prasarana dilingkungan Dinas agar efektif dan efisien;
k. Mengelola administrasi kepegawaian Dinas;
l. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan dilingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
m. Mempelajari, memahami, dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
n. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
o. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilaidan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
p. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
q. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Perikanan sesuai dengan bidang tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.