Terima Bantuan Pemerintah, Pelaku Usaha Perikanan Wajib memanfaatkan secara maksimal dan bertanggung jawab

Sendawar, diskan.kutaibaratkab.go.id – Aktifitas usaha perikanan yang dilakukan oleh masyarakat semakin gencar dilakukan.  Upaya peningkatan kesejahteraan yang dilakukan oleh para pelaku usaha perikanan dilakukan baik melalui aktifitas pembesaran ikan, penangkapan ikan, dan pengolahan selama ini memang telah dilakukan khususnya di kecamatan-kecamatan sentra perikanan.  Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Dinas Perikanan selama ini  telah melakukan berbagai upaya untuk mengakomodasi kebutuhan pelaku usaha perikanan melalui bantuan sarana dan prsarana usaha perikanan, serta memberikan pelatiha-pelatihan teknis terkait perikanan.

Pembudidaya Ikan dalam Keramba tengah memberikan pakan bagi ikan yang dipelihara

Kepala Dinas Perikanan Dr. Ir. S. A. Samson, M.Si., M.Sc., berharap agar fasilitas yang telah diberikan kepada masyarakat benar-benar bisa dimanfaatkan secara maksimal dan dikelola secara bertanggung jawab. Selanjutnya Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidaya Perikanan, Jakaria, S.Pi menyebutkan bahwa beberapa pelaku usaha perikanan juga telah dilatih dengan pengetahuan yang sejalan dengan usaha yang dilakukannya, seperti pelatihan budidaya ikan, pembenihan ikan, serta pengolahan ikan, dan berharap agar pengetahuan yang diperoleh dapat diaplikasikan untuk menunang aktifitas usahanya.  Selama tahun anggaran 2019 lalu Dinas Perikanan telah memberikan beragam bantuan kepada masyarakat pelaku usaha perikanan yang bersumber dari dana DAK (Dana Alokasi Khusus Kementerian Kelautan dan Perikanan) maupun yang bersumber dari dan APBD Kabupaten Kutai Barat dengan nilai milayaran rupiah.

Kolam terpal yang berasal dari bantuan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Dinas Perikanan di lokasi milik pelaku usaha perikanan di Kampung Minta Kecamatan Penyinggahan

Adapun bantuan tersebut berupa sarana dan prasarana budidaya perikanan berupa keramba, kolam terpal, bibit ikan, pakan ikan, rehab kolam, alat penangkapan ikan berupa pukat, jala, perahu dan mesin ketinting, serta kegiatan pelatihan untuk peningkatan SDM pelaku usaha perikanan.  Adapun kegiatan tersebut tersebar pada beberapa kecamatan dan kampung sentra perikanan, dengan penerima bantuan terdiri dari beberapa kelompokj tani penerima. (Jack/13/01/2020).

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *