Tingkatkan Kemampuan Berkelompok, Dinas Perikanan Kutai Barat Berikan Pendampingan Bagi Kelompok

Sendawar, diskan.kutaibaratkab.go.id, Persoalan awal yang dihadapi oleh kelompok perikanan terutama untuk kelas pemula adalah belum mampu merencanakan program kerja, minim kelengkapan administrasi standar serta dinamika yang kurang.  Disamping itu kurangnya kemampuan untuk melakukan komunikasi rutin antar anggota dapat pula menyebabkan sebuah kelompok kurang berkembang.  Sehingga pada kelas pemula sering kali seorang ketua kelompok yang harus mengambil peran utama untuk menggerakan aktifitas kelompok.

Suasana pertemuan pendampingan kelompok oleh Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat

Untuk meminimalisasi hal tersebut baru-baru ini Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat melakukan pendampingan bagi Kelompok Pembudidaya Ikan “Mina Harapan Jaya” Kampung Sekolaq Darat.  Kegiatan pendampingan bagi kelompok baru tersebut juga melibatkan Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Sekolaq Darat.  Kegiatan yang diselenggarakan dengan mengambil tempat di Balai Pertemuan Umum Kampung Sekolaq Darat dihadiri oleh seluruh anggota dan pengurus Kelompok Mina Harapan Jaya.  Dalam acara tersebut Kepala Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Sekolaq Darat, Surtano, SP berharap agar kelompok yang telah terbentuk ini dapat aktif dalam melakukan aktifitas kelompok, sesuai dengan tujuan kelompok ini terbentuk. “Saya berharap agar kelompok ini terus berkembang, melakukan aktifitas usaha secara kontinu, serta melengkapi administrasi yang dipersyaratkan” ujar Suratno.

Foto bersama pengurus, anggota kelompok dengan Balai Penyulu Pertanian Kecamatan Sekolaq Darat, dan Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat

Selanjutnya Kepala Dinas Perikanan Dr. Ir. S.A. Samson, M.Si., M.Sc., melalui Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pembudidaya Perikanan, Jakaria memberikan materi terkait perencanaan program kerja, serta materi administrasi standar yang harus dimiliki oleh kelompok.  Dalam pertemuan tersebut juga disampaikan terkait rencana pembangunan perikanan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, serta peluang dan tantangan usaha perikanan di masa yang akan datang.  Dalam pertemuan tersebut  dilaksanakan juga penandatangan pengukuhan kelompok oleh petinggi Kampung sekolaq Darat.  Berdasarkan penuturan ketua Kelompok Mina Harapan Jaya, secara legal formalnya akan mengurus akte notaris. “Hari ini kelompok ini secara resmi telah dikukuhkan oleh pemerintah kampong, dan untuk selanjutnya kami akan berusaha untuk mengurus akte notaris, sehingga kelompok ini dapat mengakses program-program pemerintah ke depannya” ujar Sopo. (jack/10/05/2021).

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *