Tingkatkan SDM Pelaku usaha Budidaya Perikanan, Warga Loa Deras Dapatkan Pelatihan Teknis Pemijahan Ikan

diskan.kutaibaratkab.go.id.-Sendawar, Upaya peningkatan ekonomi masyarakat melalui usaha perikanan terus dilakukan, mengingat kebutuhan protein hewani semakin meningkat seiring dengan dengan pertambahan jumlah penduduk Kutai Barat.  Ada banyak upaya masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah ruah di Kabupaten Kutai Barat.  Salah satunya adalah memanfaatkan badan air seperti sungai, rawa, waduk, atau genangan air lainnya.  Usaha budidaya ikan yang umum dilakukan oelh masyarakat adalah menggunakan Keramba kayu, keramba jaring apung, kolam terpal, dan kolam tanah. Untuk kawasan pesisir masyarakat lebih banyak menggunakan keramba kayu dan jarring apung, sedangkan untuk dataran tinggi banyak yang menggunakan kolam tanah dan kolam terpal untuk usaha budidaya ikan.

Seorang peserta tengah memberikan pertanyaan kepada narasumber

Meningkatnya usaha budidaya daya tentunya juga dibarengi dengan meningkatnya kebutuhan sarana dan prasarana budidaya.  Satu diantara sarana yang dibutuhkan diantaranya adalah benih ikan.  Selama ini kebutuhan benih ikan masyarakat pelaku usaha budidaya sebagian besar dipasok oleh pembenih dari luar Kutai Barat. Berangkat dari kondisi inilah Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Dinas Perikanan berupaya untuk membekali kemampuan dan keterampilan dasar pembenihan bagi para pelaku  budidaya ikan.  Oleh karena itu, maka dilaksanakanlah bimbingan teknis pemijahan ikan di Kampung Loa Deras Kecamatan Penyinggahan belum lama ini.   Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat, S.A. Samson, Kepala Kampung, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Tokoh pemuda, dan kelompok pelaku usaha budidaya ikan. Mengambil tempat di Balai Pertemuan Umum Kampung Loa Deras Kecamatn Penyinggahan ini dilaksanakan selama satu hari penuh yang mengambil topik tentang pemijahan ikan.  Hal ini menjawab kebutuhan masayarakat akan pengetahuan tentang pemijahan ikan sehingga akhirnya nanti bisa membuat benih sendiri.  Jayadi, Kepala kampong Loa Deras berharap agar pihak Dinas Perikanan dapat memberikan dukungan teknis kepada para pelaku usaha pembudidaya ikan, sehingga usahanya dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Dialog antara antara Narasumber dengan peserta memamnfaatkan waktu rehat

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat, S.A. Samson berharap agar peserta mampu menyerap ilmu dari para narasumber sehingga mampu memberikan pengaruh nyata dalam usaha berbudidaya ikan.  Dalam acara pelatihan tersebut menghadirkan dua narasumber, yaitu Teeysen Fernandes, dan Eliansyah.

Dialog interaktif antara Kepala Bidang pemberdayaan Nelayan dan Pembudidaya Perikanan dengan seorang peserta pelatihan

Teknik pembenihan dan pembesaran ikan disampaikan oleh Teysen Fernades dari Unit Pelayan Teknis Balai Benih Ikan local Mentiwan, sedangkan materi penguatan kelompok disampaikan oleh Kepala Balai Penyuluh Pertanian Penyinggahan, Eliansyah.  Dari pengamatan penulis, Nampak pelatihan berlangsung tertib, serta peserta begitu antusias mengikuti kegiatan sampai dengan selesai.  Ahmad Nursadi, seorang warga menuturkan bahwa ada beberapa kendala yang dihadapi dalam proses pembenihan ikan.

Pak Ahmad Nursadi, Pembenih dari Kampung Loa Deras Kecamatan Penyinggahan

Pria yang akrab disapa Amat ini menyebutkan kendala pengetahuan teknis yang minim terkait penanganan menjadi salah satu faktor penyebab kegagalan.  “Saya pernah membenihkan ikan nila, namun sayang gagal karena minimnya pengetahuan teknis, sehingga ikan yang saya pijahkan banyak yang mati” ujar Amat.  Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidaya Ikan, Jakaria dalam paparan prospek dan peluang usaha perbenihan, menyebutkan bahwa usaha pembenihan dapat menjadi usaha yang menguntungkan jika benar-benar dilakukan.  Hal ini seiring dengan trend positif usaha perikanan khususnya budidaya.  Acara Bimbingan Teknis yang berlangsung satu hari tersebut ditutup pada sore harinya.  Selain memperoleh ilmu pengetahuan, peserta juga diberikan sertifikat. (Jack/07/10/2021).

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *