Tingkatkan SDM Pembudidaya Perikanan, Puluhan pembudidaya ikan ikuti pelatihan Pemijahan Ikan

Sendawar, diskan.kutaibaratkab.go.id.- Puluhan pembudidaya ikan di Kabupaten Kutai Barat kembali mendapat pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat. Pelatihan pemijahan ikan yang dibuka langsung oleh Keala Dinas Perikanan Dr. Stefanus Alexander Samson, M.Si., M.Sc dihadiri oleh Kelompok Tani peserta dan jajaran Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat.  Dalam sambutan dan arahannya Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat menyampaikan bahwa Kabupaten Kutai Barat memiliki potensi keragaman ikan endemic yang banyak, dan masih banyak jenis-jenis endemic vertebrata, crustacean yang belum berhasil teridentifikasi, bagaimana kebiasaan hidup bahkan proses perkembangbiakannya, selain itu beliau berharap agar para peserta dapat mengikuti semua sesi pelatihan, sehingga pelatihan ini benar-benar bermanfaat.

Para peserta pelatihan pemijahan tengah menmperhatikan pemaparan materi oleh narasumber

Sementara itu dalam Laporannya ketua Panitia penyelenggara kegiatan tersebut, Jakaria melaporkan bahwa kegiatan ini berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 31 Juli sampai dengan 1 Agustus 2019 bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada Para pembudidaya ikan dengan materi teknis seputar pemijahan ikan. Diharapkan dengan pengetahuan sederhana tentang pembenihan mampu dipraktekan dan saatnya nanti dapat menyediakan kebutuhan benih sendiri.  Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini dilaksanakan di hotel Sidodadi dengan materi teknis berupa teknis pemijahan ikan, pengelolaan kualitas air, dan teknik pengelolaan pakan alami.

Sisi lain peserta tengah mendengarkan penjelasan dari para Narasumber

Para peserta yang rata-rata sangat awam dengan hal-hal teknis yang dipaparkan oleh para pembicara banyak menyampaikan pertanyaan kepada para narasumber seputar informasi terkait pembenihan ikan, sehingga hari pertama yang seyogyanya hanya berlangsung sampai pukul 16.00 Wita berlanjut hingga pukul 17.30 yang kemudian dilanjutkan dengan praktek pemijahan yang dipandu oleh para narasumber pada ikan-ikan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Aktifitas pemijahan dengan menyuntikan hormone ini dilakukan sendiri oleh para peserta.

Aktifitas penyuntikan ikan dengan hormon olrh para peserta pelatihan

Pada hari kedua para peserta diajak untuk melihat hasil pemijahan yang dilakukan, dan memang ternyata proses pemijahan telah berlangsung dengan baik karena terlihat jelas butir-butir telur yang menempel pada kakaban, baik telur ikan lele maupun ikan mas.

Para peserta pelatihan tengah melihat telur-telur ikan yang berhasil dipijahkan yang menempel di kakaban.

Sebagian besar peserta tetap berharap agar Dinas Perikanan tetap memberikan dukungan kepada masyarakat pelaku usaha perikanan berupa pelatihan-pelatihan teknis semacam ini, sehingga masyarakat pelaku usaha perikanan dapat semakin maju kedepannya. (jack/03/08/2019)

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *