Wajah Baru di lobby Dinas Perikanan

diskan.kutaibaratkab.go.id. – Sendawar,  Aktifitas pelaku usaha perikanan di Kabupaten Kutai Barat selama ini masih difokuskan kepada usaha budidaya ikan.  Upaya peningkatan peningkatan produksi  perikanan melalui kegiatan budidaya maupun tangkap untuk memenuhi kebutuhan ikan local masyarakat Kabupaten Kutai Barat.  Sampai dengan saat ini tercatat produksi perikanan budidaya sebesar 2.047,7 ton, perikanan tangkap sebesar 1.512,5 ton untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Kutai Barat yang mencapai 37 kg/kapita/tahun untuk tahun 2019.

Ikan asin biawan yang dijemur oleh nelayan

Sedangkan untuk produk hilir masih mengandalkan produk olahan berupa ikan asin, ampalng dan kerupuk ikan.  Kabupaten Kutai Barat yang semakin berkembang menuju daerah yang maju dan meningkat pertumbuhan ekonominya, merupakan peluang bagi usaha perikanan dikomoditi ikan hias.  Selain memiliki spesies endemik ikan lokal bernilai ekonomi tinggi seperti ikan jelawat, gabus, betutu, belida, patin, lais, ternyata juga memiliki beberapa jenis ikan lokal yang dapat dimanfaatkan sebagai ikan hias.  Aktifitas jual beli ikan hias terlihat mulai berkembang dengan adanya beberapa tempat penjualan ikan hias serta akuarium di ibukota Kabupaten ini.  Usaha ikan hias ini nampaknya memiliki prospek cerah melihat aktifitas jual beli di beberapa tempat penjualan.  Jika diusahakan secara serius ikan-ikan hias lokal ini mampu mencapai harga 5-10 ribu rupiah per ekor.  Untuk mendukung  aktifitas ekonomi khususnya ikan hias ini, Dinas Perikanan Kutai Barat menempatkan beberapa aquarium di ruang lobby.

Aquarium dengan ikan pepuyu di dalamnya

Hal ini dimaksudkan untuk memperkenalkan beberapa jenis ikan endemik lokal diantaranya ikan betutu, ikan pepuyu, dan ikan belida.  Selain itu juga memperkenalkan jenis-jenis ikan lokal seperti ikan dari spesies Betta sp (Bahasa daerahnya tengkelosik/jikon).  Untuk mepercantik tampilan ruangan lobby, juga telah ditempatkan satu unit aquascape yang diisi dengan ikan hias impor.

Link Video Aquascape Diskan Kutai Barat https://youtu.be/cYufjhHc18c

Jejeran aquarium dan aquascape di lobby Dinas Perikanan

  Sehingga pegawai di lingkup Dinas Perikanan pada jam-jam istirahat dapat menikmati keindahannya.  Dari pantauan penulis, beberapa tamu yang datang ke kantor Dinas Perikanan menyatakan sangat menikmati suasana di lobby kantor ini. (Jack/13/10/2020).

You May Also Like

One thought on “Wajah Baru di lobby Dinas Perikanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *