Yusak Warga Kampung Sekolaq Darat Coba Lakukan Ini Untuk Manfaatkan Lahan Leluhur

Diskan.kutaibaratkab.go.id. – Sendawar,  Dengan menyusuri jalan akses aspal ke area Cagar Alam Kersik Luway, perjalanan membutuhkan waktu sekitar lima menit dari kampung Sekolaq Darat jika menggunakan kendaraan bermotor roda dua.  Hamparan kebun karet rakyat terlihat disepanjang jalan menuju ke lokasi yang diberi nama daerah “Pegaak” oleh pemilik lahan. Hiruk pikuk kesibukan aktifitas masyarakat tak lagi membuat bising telinga ketika tiba di lokasi ini.  Yang ada hanya suara burung dan suara hewan lain yang seakan menyapa ketika penulis berada di area perladangan yang dikelola oleh beberapa kepala keluarga.

Tanaman padi gunung di lahan Pegaak, Kampung Sekolaq Darat Kecamatan Sekolaq Darat

Hamparan padi gunung yang menghijau seolah menjadi selimut gunung yang makin membuat mata rileks, Perasaan seolah terhipnotis melihat liukan daun padi yang tertiup oleh angin.  Di area inilah seorang pewaris lahan, Yusak namanya bersama dengan beberapa pewaris lainnya membuka lahan untuk bercocok tanam padi, serta beberapa tanaman hortikultura lainnya.  Lahan yang sebagian besar adalah gunung memang sangat ideal untuk bercocok tanam, apalagi setelah bertahun-tahun dibiarkan agar unsur hara terkumpul.  Padi yang telah ditanam memang terlihat cukup subur walaupun tanpa dipupuk.  Selain tanah pegunungan, dilahan ini juga terdapat hamparan tanah rawa yang juga ideal untuk dijadikan sawah.

Tanaman Padi sawah yang baru ditanam

Hal ini terlihat dari garapan lahan yang mulai ditanami dengan padi sawah.  Selain itu dapat juga dikombinasikan dengan usaha perikanan dengan membuat petak-petak kolam diantara padi sawah yang ditanam.  Dari pengamatan penulis memang lahan ini sangat potensial jika dikembangkan usaha perikanan karena adanya sumber air yang kontinu sekalipun pada musim kemarau.

Kolam uji coba ikan Nila dan Ikan pepuyu milik pak Yusak

Ada beberapa petak kolam yang dimiliki oleh pak Yusak dan telah ditebar dengan ikan nila dan ikan betook/pepuyu.  “Saat ini baru pada tahap uji coba dengan menebar ikan nila dan ikan pepuyu, ternyata pertumbuhan dan daya tahannya bagus pak” ujar Yusak.  Menurutnya jika hasil uji coba ini bagus maka akan dilakukan penambahan unit kolam dan jenis ikan local lain seperti ikan jelawat.

Pematang Kolam yang kokoh dengan tekstur tanah liat
Sumber air mengalir yang kontinu, sekalipun pada musim kemarau

Dari pantauan penulis di lapangan, beberapa faktor pendukung usaha ini adalah sumber air yang terus-menerus mengalir dan kualitasnya cukup bagus, tekstur tanah liat yang bagus untuk pematang tentu saja membuat kawasan ini memiliki prospek untuk dikembangkan untuk usaha perikanan. (jack/21/10/2020)

You May Also Like

One thought on “Yusak Warga Kampung Sekolaq Darat Coba Lakukan Ini Untuk Manfaatkan Lahan Leluhur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *